susu pertumbuhan anak
Lifestyle

6 Alasan Perlu Memberikan Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun

Bagi Si Kecil yang baru saja lahir, susu merupakan makanan pokok. Meskipun makanan tersebut dalam bentuk cair namun mengandung nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan Si Kecil. Setelah masa ASI eksklusif lewat, Bunda masih perlu memberikan Si Kecil susu tambahan agar tetap tercukupi kebutuhan gizinya. Bunda harus mengetahui cara memilih susu pertumbuhan anak 1 tahun agar Si Kecil mendapatkan gizi yang sesuai dengan kebutuhan proses tumbuh kembang.

6 Manfaat Memberikan Susu Kepada Balita

Semakin usia Si Kecil bertambah maka akan bertambah pula kebutuhan gizi untuk mencapai fase pertumbuhan. Berikut merupakan beberapa alasan yang perlu Bunda simak mengenai manfaat penting susu untuk Si Kecil.

Sumber Energi

Si Kecil yang mulai aktif berjalan dan bermain memerlukan energi yang banyak untuk bisa bergerak. Oleh sebab itu, ia harus memiliki energi yang cukup sehingga dapat beraktivitas dengan normal.

Susu menjadi sumber energi bagi Si Kecil karena mengandung banyak protein, lemak, vitamin dan mineral penting lainnya. Lemak dan protein tersebut akan membantu Si Kecil semangat untuk terus aktif bermain.

Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Bunda tentu banga jika Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan hebat, bukan? Kecerdasan tersebut dipengaruhi oleh perkembangan jaringan sel-sel otak. Agar sel otak berkembang dengan optimal maka berikan susu dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan otak.

DHA merupakan asam lemak yang terdapat dalam susu Anda. Asam lemak ini berperan penting dalam pembentukan organ-organ penting anak dan perkembangan kognitifnya. Selain itu, susu juga kayak dengan kandungan kolin, omega 3,6 dan 9 serta AA yang bertanggung jawab terhadap pembentukan kecerdasan.

Menyehatkan Pencernaan

Si Kecil masih belum memahami tentang kebersihan sehingga akan memasukkan sesuatu yang ia pegang ke mulutnya. Hal ini menjadi salah satu pemicu Si Kecil mengalami sakit perut, diare atau gangguan pencernaan.

Manfaat memberikan susu kepada batita ternayat juga dapat menyehatkan saluran pencernaan mereka. Kandungan serat pada susu akan bekerja sama dengan bakteri baik sehingga pencernaan si kecil akan terlindungi.

Menurunkan Resiko Anemia

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan mengalami anemia. Hal ini tentu tidak baik karena dapat mengganggu pertumbuhan serta aktivitas si kecil. Anak yang mengalami anemia akan cenderung pasif karena badan terasa lemas. Selain itu, jika biarkan hal ini dapat menurunkan kecerdasan dan daya konsentrasi. Pasokan oksigen ke otak yang sedikit akan membuat anak mudah mengantuk sehingga susah fokus.

Menguatkan Tulang & Gigi

Tulang dan gigi menjadi faktor penting dalam proses tumbuh kembang anak. Anda yang mempunyai tulang sehat dan kuat bisa lebih aktif dan leluasa beraktifitas. Selain itu, gigi juga penting karena memudahkan Si Kecil dalam mengkonsumsi makanan. Jika pertumbuhan gigi Si Kecil tidak terganggu atau terlambat maka akan memungkinkannya untuk mengkonsumsi berbagai makanan bergizi. Dengan demikian, kebutuhan nutrisinya akan lebih mudah terpenuhi.

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Selama bergerak Si Kecil akan mengeluarkan keringat sehingga cairan tubuh berkuran. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Pemberian susu kepada Si Kecil dapat Bunda jadikan solusi untuk memenuhi cairan tubuh Si Kecil.

Pemberian susu juga harus dibatasi karena kandungan kalorinya yang tinggi. Mengkonsumsi susu secara berlebihan akan membuat Si Kecil tidak mau makan karena efek kenyang dari minuman tersebut.

Itulah keenam alasan mengapa anak-anak tetap perlu mendapatkan asupan susu setiap hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan Si Kecil tumbuh sehat.

Meta deskripsi: Berikan susu pertumbuhan anak 1 tahun karena mempunyai sejumlah manfaat penting untuk tumbuh kembang Si Kecil.