PIPA PVC
General

5 Alur Pemilihan Pipa PVC dari Jenis dan Ukurannya

Apakah kamu tau jika pipa yang ada di rumah merupakan jenis pipa PVC? Yaap pipa PVC akan sangat mudah kamu temui dalam instalasi perpipaan rumah tangga maupun gedung bertingkat. PVC dipilih karena berbagai macam alasan. Diantaranya dari segi harganya yang bisa dibilang murah tetapi kualitasnya bagus, kemudian material PVC mempunyai banyak kelebihan yang penggunaanya akan menguntungkan si pemilik instalasi.

Selain itu apabila kamu menggunakan pipa PVC maka kamu akan mendapatkan material yang bersifat asam alkali. Dimana sifat tersebut membuat pengikisan lapisan pipa berlangsung lebih lama, kemudian lebih bersifat isolator atau non-konduktor, tahan terhadap korosi, dan mempunyai massa yang ringan sehingga memudahkan pemasangannya.

Saat pemasangan pipa PVC kamu juga bisa loh melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan dari ahli perpipaan. Karena pemasangan pipa tanpa memerlukan perakitan, kamu hanya perlu menyesuaikan panjang dan sambungannya. Dan pipa ini bisa bertahan dengan performa yang bagus hingga bertahun-tahun loh yaitu hingga 10 tahunan. Namun tetap kamu harus melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui kondisi riil pipa setiap tahunnya agar terhindar dari bocor maupun retak.

Nah berikut ini kita akan mencoba membahas bagaimana sih alur pemilihan pipa PVC dari berbagai jenis dan ukuran yang ada di industry.

Ragam Jenis Pipa PVC yang Banyak Ditemukan di Rumah

Pipa PVC beredar sangat luas di pasaran. Salah satunya pipa PVC yang diproduksi oleh Rucika yang telah memenuhi standar ukuran JIS. Nah berikut ada tiga macam jenis pada pipa PVC yang akan banyak kamu temukan aplikasinya disekitarmu.

·        Paling Tebal Tipe AW

Pipa PVC yang ketebalan paling tinggi dikenal dengan tipe AW. Dimana pipa ini telah melalui proses uji coba dan mampu berthan dengan tekanan 10kg/cm2. Pipa ini merupakan rekomendasi yang tepat pada aliran air yang tekanannya tinggi. Termasuk penggunaannya pada pompa air yang besar misalnya untuk saluran air bersih dan air buangan.

·        Ketebalan sedang Tipe D

Dibawah tipe AW ada tipe D yang mana bisa menerima tekanan setengah dari kemampuan tipe AW yaitu 5kg/cm2. Biasanya kamu akan menemukan penggunaannya pada instalasi saluran air di rumah khususnya air buangan setelah mandi ataupun cuci pakaian dan air kloset juga bisa menggunakan pipa ini.

·        Paling Tipis Tipe C

Setelah tipe D ada lagi yang paling tipis, dimana penggunaannya sangat dibutuhkan untuk merapikan kabel dan melindungi kabel dari jangkauan manusia.

Simak 5 Alur Pemilihan Ukuran Pipa PVC

Nah setelah kamu mengetahui bahwa ketebalan pipa ada beraneka ragam. Kamu selanjutnya bisa meninjau ukurannya. Agar kamu memilih pipa PVC yang tepat kamu juga perlu mengikuti alur berikut ini demi mendapatkan pipa yang sesuai.

·        Lihat kebutuhan instalasi

Saat akan membuat instalasi pipa di rumah, alangkah baiknya kamu mempunyai gambaran bagaimana model rangka salurannya dari mulai sumber hingga mencapai kran air. Dengan begitu kamu akan bisa memilih ukuran pipa lebih bijak.

·        Mengenali pipe strength atau kekuatan dari pipa

Karena di pasaran kamu akan menemukan banyak sekali merek pipa ada baiknya kamu bertanya pada penjual mana yang paling direkomendasikan. Namun berdasarkan pengalaman kita Rucika merupakan produsen terbaik yang menciptakan pipa PVC bagi kebutuhan rumah masyarakat loh.

Agar lebih yakin kamu juga bisa bertanya masing-masing kekuatan dari tipe pipa dan jika memungkinkan lakukan perbandingan dari merek lain dengan tipe yang sama. Dengan begitu kamu akan mendapatkan yang lebih sesuai dengan instalasi saluran air di rumahmu.

·        Membaca katalog ukuran secara benar

Jika kamu pergi ke toko bangunan ada baiknya kamu menanyakan katalog setiap produk. Agar kamu bisa mengenali masing-masing ukuran dari setiap pipa dan akhirnya bisa disesuaikan dengan rancangan instalasimu.

Atau kamu jika tertarik dengan produk yang dihasilkan oleh Rucika, kamu juga bisa secara langsung di www.rucika.co.id untuk memperoleh katalog pipa lengkap dan berbagai tips instalasi pipa di rumah.

·        Memilih ukuran dan jenis pipa yang fungsional

Selanjutnya untuk mendapatkan ukuran yang sesuai kamu juga perlu mengetahui setiap fungsi pipa di rumahmu nantinya. Misalnya saluran mana yang harus menggunakan pipa PVC dan saluran mana yang dibutuhkan untuk air panas sehingga harus menggunakan pipa khusus air panas.

·        Mengenali berbagai fitting dan lem pipa untuk kebutuhan sambungan

Terakhir saat kamu akan belanja pipa dengan berbagai ukuran, kamu juga wajib mempertimbangkan sambungannya. Yaitu fitting seperti apa yang bisa kamu gunakan dan bagian mana yang membutuhkan lem sebagai perekat yang kuat.

Demikian alur yang harus kamu pahami saat akan memilih dan membuat instalasi pipa PVC yaa. Jika kamu memilih menggunakan Rucika karena kualitas terbaiknya, ada baiknya kamu membaca banyak ulasan yang berkaitan dengan pipa PVC di website mereka. Karena sajian mereka lengkap untuk membuat kamu semakin paham dengan karakteristik pipa.