Situ Patenggang
Traveling

Beberapa Hal Ini Membuat Situ Patenggang Menarik Dimata Para Wisatawan

Salah satu destinasi wisata yang ada di Bandung adalah Situ Patenggang. Menjadi salah satu danau yang berada di perkebunan Rancabali Ciwidey, danau ini sangat cantik. Seperti namanya “Situ” yang berarti danau, tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan danau yang indah. Disini bisa dinikmatinya pemandangan alam dengan mengelilingi danau menggunakan perahu yang bisa kamu sewa.

Situ Patenggang memang cukup populer di kalangan masyarakat. Lalu sebenarnya apa yang membuat tempat wisata yang satu ini mampu menarik perhatian para wisatawan? Berikut dibawah ini beberapa hal yang membuat Situ Patenggang menarik dimata para wisatawan, diantaranya yaitu :

1. Pemandangan

Saat berwisata, pastinya yang menjadi salah satu faktor yang membuat para wisatawan tertarik  dengan sebuah tempat wisata adalah pemandangannya, termasuk di Situ Patenggang. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan berupa bukit serta perkebunan yang sangat indah dipandang mata. Tentunya membuat mata menjadi lebih segar dan mampu menyegarkan kembali pikiran yang telah lelah dengan kesibukan sehari hari.

2. Kisah Dibalik Terbentuknya Situ

Berdasarkan legenda setempat, sebenarnya Situ Patenggang itu berasal dari kata pateangan. Mempunyai kata dasar neang yang artinya cari dan ditambahkan kata imbuhan neangan sehingga mempunyai arti mencari. Sedangkan kata pateangan sendiri merujuk pada tempat atau lokasi pencarian. Dengan begitu pateangan ini bisa dibilang sebagai tempat atau lokasi pencarian. Memang sebutan ini berhubungan dengan legenda yang beredar di masyarakat tentang sepasang kekasih yang berjanji untuk bertemu di lokasi tersebut.

Kabarnya, memang terbentuknya Situ Patenggang ini dari kisah percintaan Prabu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Setelah sekian lama saling mencari, akhirnya mereka dipertemukan di sebuah danau dekat batu yang bernama Batu Cinta. Setelah itu Prabu membuat sebuah pulau diantara danau tersebut yang diberinama Pulau Asmara. Kisah inilah yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengungjunginya, terlebih bagi para pasangan.

3. Sejarah

Situ Patenggang memiliki sejarah yang menarik karena dulunya sebuah cagar alam atau Taman Nasional. Tetapi pada tahun 1981, Perhutani merubahnya menjadi Taman Wisata. Berkat panoramanya yang indah, sehingga tidak heran banyak wisatawan baik lokal atau mancanegara yang tertarik untuk mengunjunginya.

4. Fasilitas Dan Akomodasi Di Situ Patenggang

Saat menghabiskan waktu untuk berwisata di Situ Patenggang yang ada di Ciwidey ini, pastinya kamu harus memperhatikan ketersediaan fasilitas dan akomodasi yang ada disana. Berikut fasilitas dan akomodasi yang tersedia di Situ Patenggang :

  • Fasilitas

Fasilitas disekitar Situ Patenggang cukup lengkap seperti adanya tempat parkir, mushola, gazebo, toko souvenir, warung makan, jasa sewa perahu serta tikar, toilet, dan lainnya.

  • Akomodasi

Sedangkan untuk akomodasinya telah disediakan banyak hotel atau tempat penginapan yang nyaman dengan harga bervariasi yang bisa disesuaikan dengan kantong. Villa Patengan Ciwidey merupakan salah satu tempat penginapan favorit disana.

Ternyata berlibur yang menyenangkan itu tidak harus selalu pergi ke tempat tempat yang jauh atau luar negeri saja. Karena Situ Patenggang yang berada di Ciwidey Bandung ini bisa menjadi pilihan menarik untuk kamu menghabiskan waktu selama liburan berkat pemandangannya yang menyejukkan hati dan pikiran.

Adanya beberapa atraksi wisata yang bisa kamu nikmati di Situ Patenggang mulai dari mengelilingi situ dengan menggunakan perahu, hingga meluncur dengan flying fox untuk menyebrangi pulau kecil yang ada di danau tersebut.