print Kain
General

Lakukan Langkah Ini Agar Print Kain Tidak Mudah Pudar

Memakai kain dengan proses print kain memiliki kepuasan tersendiri. Selain motif yang didapatkan dapat sesuai keinginan, namun juga warna yang didapatkan tentunya memiliki warna cerah dengan kualitas yang bagus.

Melakukan perawatan agar kain yang memiliki motif dicetak ini termasuk gampang-gampang susah, karena membutuhkan perawatan tersendiri agar motif yang ada tidak cepat pudar. Sehingga dapat dipakai dalam waktu yang lama tanpa takut kehilangan warna motifnya. Untuk perawatan tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah yaitu:

Tidak Merendam Kain Dalam Waktu Yang Lama

Agar warna tidak mudah pudar, tentunya pada saat merendamkan jangan terlalu lama. Cukup hanya dengan merendam selama 15 menit saja, dan jangan sampai merendam lebih dari satu jam. Karena apabila direndam dalam waktu yang lama warna yang ada pada kain lama-lama menjadi cepat pudar dibandingkan direndam dengan waktu sebentar.

Untuk itu sangat dianjurkan tidak merendam terlalu lama. Print kain yang direndam pada waktu lama tidak akan menjadi bersih, melainkan akan merusak serta kain tersebut. Sehingga kain juga akan menjadi semakin kasar, tipis dan terlihat kusam.

Mencuci Dengan Tepat.

Langkah selanjutnya adalah melakukan proses pencucian dengan cara yang tepat. Yaitu dengan cara mencuci secara manual menggunakan tangan. Karena apabila mencuci dengan mesin cuci secara terus menerus dapat merusak kain dan warna print kain tersebut. Oleh karena itu lebih baik untuk dicuci secara manual

Pada saat mencuci manual, pastikan tidak mengucek dengan cara yang keras, cukup dengan pelan-pelan hingga bersih. Kemudian jangan sekali-kali mencoba untuk menyikatnya, karena dengan menyikat kain tersebut warna motifnya dapat rontok karena bergesekan dengan sikat dengan kasar.

Menjemur Dengan Cara Terbalik

Supaya warna kain tetap awet dan tidak cepat pudar adalah dengan melakukan proses penjemuran dengan cara kain dalam kondisi terbalik. Kain yang terbalik disini yaitu dengan menjemur kain yang ada motifnya dalam posisi di dalam dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Apabila motif print kain yang terkena sinar matahari secara langsung, maka dapat dipastikan warnanya akan cepat memudar dan terlihat kusam. Cara ini merupakan langkah yang paling mudah untuk menjaga warna kain agar tidak pudar. Untuk itu lakukan langkah ini setiap kali akan menjemur kain yang memiliki motif dengan cara dicetak.

Menyetrika Dengan Tepat

Apabila kain tersebut butuh untuk disetrika agar tidak lusuh, maka perlu adanya proses setrika yang tepat. Caranya adalah dengan tidak menyetrika kain yang terdapat motif cetak secara langsung. Namun dengan cara melapisi terlebih dahulu dengan kain lain agar warna motif tersebut tidak cepat pudar dan terlihat kusam.

Setelah Dijemur Sebaiknya Digantung

Apabila proses penjemuran sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah dengan menggantung kain tersebut dan dimasukkan ke dalam lemari. Menggantung kain seperti ini dapat mencegah motif kain agar tidak mudah rontok. Apabila dilipat seperti biasanya maka tinta pada kain tersebut akan ikut terlipat dan dapat menyebabkan kerontokan.

Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya setelah kain tersebut bersih tidak perlu dilipat dan hanya digantung saja.

Kesimpulan

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas maka dapat dipastikan motif print kain yang anda miliki tidak akan mudah pudar dan tetap terjaga bentuk motifnya. Tentunya dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama tanpa takut motif gambarnya akan hilang. Anda bisa mendapatkan kain printing dengan kualitas terbaik di marketplace digital yaitu Fullprint.id. Untuk diketahui, marketplace ini juga melayani penjualan pattern dan pola.