Kesehatan

cara menyembuhkan sakit gigi

5 Cara Alami Menyembuhkan Sakit Gigi

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya sakit gigi. Untuk meredakannya, ada beberapa cara alami yang bisa anda coba.

Berikut 5 cara alami menyembuhkan sakit gigi sebelum ke dokter.

1. Air garam
Air garam adalah bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang. Air garam juga merupakan disinfektan alami yang membantu membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel di sela sela gigi.

Anda bisa menggunakan air garam untuk berkumur dengan cara melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air
hangat. Setelah kondisi lebih baik disarankan untuk segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Kompres es
Kompres es akan membuat pembuluh darah di daerah yang sakit mengecil, sehingga bengkak dan radang bisa berkurang.

Untuk mengaplikasi cara ini, anda cukup membungkus beberapa buah es batu menggunakan handuk yang bersih dan disentuhkan pada bagian pipi yang membengkak akibat sakit gigi selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah kondisi lebih baik disarankan untuk segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Bawang merah
Untuk mengaplikasi cara ini, anda cukup mengunyah bawang merah untuk meredakan sakit gigi. Cara lainnya adalah dengan menghaluskan bawang merah dan menempelkannya ke bagian gigi yang sakit. Setelah kondisi lebih baik disarankan untuk segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Bawang putih
Untuk mengaplikasi cara ini, anda cukup mengunyah bawang putih segar untuk meredakan sakit gigi. Cara ini munkin tidak semua orang yang cocok, karena aromanya yang sangat menyengat. Setelah kondisi lebih baik disarankan untuk segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Daun jambu biji
Untuk mengaplikasi cara ini, anda cukup mengunyah daun jambu biji untuk menyembuhkan sakit gigi. Sebaiknya pilih daun jambu biji yang lebih lunak dan sudah dibersihkan. Cara yang lainnya adalah merebus daun jambu biji untuk digunakan kumur kumur. Setelah kondisi lebih baik disarankan untuk segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.