General

Tips Mengolah Ikan Bakar Menggunakan Bumbu Marinasi

Ikan memang salah satu sumber protein yang tinggi. Biasanya juga menjadi menu andalan pada pesta malam tahun baru. Beberapa jenis ikan yang sering digunakan yaitu ikan gurame, ikan bawal, ikan kakap, dan juga ikan baronang. Ikan-ikan tersebut dipilih karena memiliki daging yang tebal.
Ikan tersebut dapat diolah menjadi ikan bakar yang dimarinasi dengan bumbu sebelumnya. Tujuan dari proses marinasi yaitu supaya bumbu dapat meresap ke dalam daging ikan. Agar tekstur daging ikan tidak hancur, simak beberapa tips mengolah daging ikan berikut ini:

1. Pilih Jenis Ikan
Seperti yang telah disinggung pada uraian di atas, bahwa ikan yang dipilih sebaiknya memilih tekstur tebal dan berserat tinggi. Ikan yang memiliki tekstur tebal tidak akan mudah hancur jika dipanggang. Hindari ikan yang berdaging tipis seperti ikan kembung, ikan putihan, dan jenis ikan daging tipis lainnya.

2. Ikan Segar
Ikan yang masih segar atau ikan yang merupakan hasil tangkapan langsung, dapat dikategorikan sebagai ikan yang berkualitas. Selain karena baru, ikan yang segar memiliki rasa tersendiri saat diolah. Ikan yang masih segar memberi rasa manis yang khas.
Saat ikan akan dibumbui sebaiknya bersihkan ikan secara menyeluruh. Mulai dari sisik, hingga bagian perut ikan. Jangan lupa kerat sisi ikan agar bumbu meresap hingga ke serat dagingnya. Jika ukuran ikan yang akan dibakar sangat besar, sebaiknya pisahkan daging dari masing masing bagian ikan. Hal ini bertujuan agar ikan matang secara merata.

3. Waktu Marinasi Ikan
Proses yang dilakukan saat menggunakan bumbu marinasi ikan sebaiknya tidak terlalu lama. Idealnya proses marinasi ikan yaitu sekitar 15-20 menit. Marinasi ikan dapat juga dilakukan dengan sederhana yaitu dengan campuran jeruk nipis dan juga garam. Kandungan pada jeruk nipis dapat menghilangkan rasa amis yang ada pada ikan.
Bumbu marinasi daging ikan juga dapat ditambah dengan rempah lainnya, yaitu bawang putih, kunyit, kemiri, merica, dan juga garam. Jika menginginkan rasa manis sebaiknya tabahan kecap manis secukupnya.

4. Oleskan Minyak
Minyak yang dioleskan pada kulit ikan yang telah dimarinasi sebelumnya dapat memberikan manfaat yang penting. Salah satunya yaitu agar bagian ikan tidak menempel pada panggangan. Bumbu marinasi yang digunakan ketika proses marinasi juga dapat ditambahkan minyak sebelumnya, sehingga ketika memanggang tidak perlu menambahkan minyak lagi. Cukup oleskan minyak pada pemanggangnya saja.

5. Proses Pembakaran
Proses yang menentukan dari kelezatan ikan bakar yaitu proses pemanggangan atau pembakaran. Ketika membakar ikan sebaiknya menggunakan waktu yang ideal. Yakni tidak terlalu lama sesuai dengan tingkat kematangan.
Proses membakar ikan diawali dengan meletakkan ikan yang telah dimarinasi di atas panggangan tanpa tambahan apapun. Saat memanggang ikan sebaiknya siapkan juga penjepit untuk membolak balik ikan agar matang secara merata. Proses pembakaran yang ideal yaitu sekitar 10 menit. Namun kembali lagi sesuai dengan tingkat ketebalan daging ikan.

Selain memperhatikan beberapa tips mengelola daging ikan menggunakan bumbu marinasi di atas, perhatikan pula cara pengolahan saus yang akan digunakan untuk melumuri daging ikan tersebut.
Adapun saus yang digunakan biasanya saus kecap dan saus tomat. Saus tersebut dapat dipadukan dengan cabai sesuai dengan selera. Gunakan cabai yang masih segar, agar pedas yang diberikan lebih terasa. Sambal yang digunakan untuk melumuri daging ikan bakar sebaiknya sekali masak, artinya bukan sambal yang telah disimpan berhari-hari.